Jumat, 15 Januari 2016

Tips dan Tricks Pemasaran Online Melalui Instagram Meningkatkan Penjualan Toko Online

Bagi pebisnis berbagai cara dalam mempromosikan dan memasarkan produk saat ini di memiliki banyak kemudahan. Perkembangan teknologi internet dengan mudah dikelola oleh pelaku bisnis. Jejaring sosial media pun dengan mudah diakses dan dijadikan strategi pemasaran. Salah satu jejaring sosial yang sedang booming adalah Instagram.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.[5]

Instagram (IG) merupakan salah satu sosial media. Instagram merupakan layanan aplikasi berbagi foto yang pertama kali muncul melalui App Store pada Apple. Instagram memungkinkan bagi penggunanya untuk mengambil foto, mengedit, menerapkan filter digital, dan membagikan foto kesitus-situs jejaring sosial.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.[6] sumber : Wikipedia

Bagi Anda yang ingin memperluas jaringan pemasaran dengan menggunakan Instagram, berikut panduannya :
  • Gunakan Nama Akun yang Mudah Diingat, Buat Logo Bisnis Anda, Tunjukan Foto Toko Offiline Anda
  • Follower Instagram itu Penting: Sama seperti Twitter, follower di Instagram juga menjadi bagian terpenting jika Anda ingin memanfaatkan Instagram untuk media jual-beli online Anda. Follower di Instagram juga bisa di “beli”, biasanya berupa bot, tapi kami sangat tidak menyarankan Anda untuk membeli follower bot, karena Instagram secara rutin melakukan sweeping pada akun-akun yang dianggap bot dan spam. Bagaimana cara mendapatkan follower di Instagram? Anda bisa memanfaatkan tanda pagar / hastag, Anda bisa mencoba melakukan Paid Promote / Shout for Shout
  • Kualitas Foto yang Baik: Instagram, berbeda dengan social-media lain. Di Instagram, Anda sebenarnya berbagi foto. User yang melihat Instagram Anda, pasti akan langsung fokus ke foto-foto Anda. Oleh karena itu, kualitas foto yang baik sangat menentukan langkah selanjutnya. Jika foto Anda sudah baik, menarik dan jelas, maka user akan tertarik untuk membaca caption foto di bawahnyadan memberi Like Instagram. Jadi, jika foto yang Anda upload tidak menarik, maka langkah selanjutnya akan terasa berat.
  • Upload selain Gambar Produk / Barang
  • Maksimalkan Fitur Hastag, Menjadi Pengguna Instagram yang Ramah dan Sopan
  • Biodata pada Profile Instagram: Ingat, Anda akan menggunakan akun Instagram Anda bukan hanya untuk pribadi, tapi untuk keperluan bisnis. Cantumkan semua hal yang bermanfaat untuk bisnis Anda di Profile Instagram Anda. Lokasi, Contact Person, dll yang menurut Anda penting untuk customer Anda. Selalu cantumkan URL yang valid di biodata Instagram Anda supaya customer Anda bisa mengunjungi website Anda.
  • Jangan Jadikan Instagram sebagai UTAMA dan SATU-SATU nya tools Internet Marketing
  • Mungkin Anda yang sudah terbiasa jual-beli online hanya di Instagram merasa cukup puas dengan hanya memiliki Instagram sebagai tools jual-beli online Anda, tapi saran kami, jangan jadikan itu sebagai yang utama, karena kita tidak akan pernah tahu sampai kapan Instagram bertahan sebaik ini. Manfaatkan tools lain, Twitter dan Blog/Website Sebagai contoh : Instagram Amble Footwear hanya berisi catalog dan testimonial untuk memancing customer membeli produk mereka di WEBSITE Amble Footwear. Ini menjadikan Instagram hanya sebagai tools promosi saja, bukan sebagai media jual-beli utama.

Tidak ada komentar:

Popular